You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Ibu Perlu Tahu, Tiga Faktor Ini Bisa Prediksi Anak Obesitas Saat Remaja

Admin Kulur 30 November 2019 Dibaca 487 Kali

JAKARTA - Sebuah studi baru yang dipimpin oleh Murdoch Children's Research Institute (MCRI) mengungkap tiga faktor sederhana yang memprediksi apakah anak dengan berat badan sehat akan mengalami obesitas pada masa remaja.

Penelitian menunjukkan tiga faktor, yakni Indeks Massa Tubuh atau body mass index (BMI) anak dan ibu serta tingkat pendidikan ibu. Penelitian ini memprediksi resolusi masalah berat badan pada masa remaja, terutama dari usia 6-7 tahun ke depan.

Setiap BMI satu unit lebih tinggi ketika anak berusia 6-7 tahun meningkatkan kemungkinan pada 14-15 tahun mengalami masalah berat badan dengan tiga kali lipat dan mengurangi kemungkinan resolusi menjadi dua.

Demikian pula, setiap kenaikan satu unit dalam BMI ibu ketika anak berusia 6-7 tahun meningkatkan kemungkinan pada 14-15 tahun mengalami masalah berat badan sebesar 5 persen, dan mengurangi kemungkinan resolusi sekitar 10 persen.

Selain itu, ibu yang memiliki gelar sarjana dikaitkan dengan kemungkinan lebih rendah dari anak yang kelebihan berat badan dan obesitas pada usia 2-5 tahun, serta peluang yang lebih tinggi untuk menyelesaikan masalah obesitas pada masa remaja.

Penulis studi MCRI Kate Lycett mengatakan, prevalensi kelebihan berat badan atau obesitas pada usia 14-15 tahun adalah 13 persen di antara anak-anak dengan tidak ada dari ketiga faktor risiko pada usia 6-7 tahun, dibandingkan dengan 71 persen di antara mereka yang memiliki semua faktor risiko.

Lycett mengatakan, dengan mengidentifikasi tiga faktor ini dapat membantu dokter memprediksi anak-anak mana yang akan berkembang dan mengatasi kelebihan berat badan dengan akurasi sekitar 70 persen.

"Dalam kasus BMI, ini adalah ukuran obyektif yang mudah diukur dan mencerminkan pilihan diet dan olahraga, tetapi bebas dari tantangan menilai aktivitas fisik dan diet dalam penunjukan klinis standar seperti bias mengingat," katanya dilansir Science Daily, Minggu (24/11/2019).

Temuan ini diterbitkan dalam edisi terbaru International Journal of Obesity, juga menemukan anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas pada usia 2-5 tahun memiliki peluang rendah untuk menyelesaikan masalah tersebut pada masa remaja ketika ketiga faktor risiko ini ada.

Data bersumber dari 3.469 peserta saat lahir dan 3.276 peserta dari Longitudinal Study of Australian Children. Tinggi dan berat badan anak diukur setiap dua tahun.

Lycett mengatakan sampai sekarang sebagian besar penelitian mengabaikan pertanyaan penting seputar anak-anak yang kemungkinan menjadi kelebihan berat badan atau obesitas dan bagaimana mengatasinya.

"Karena dokter belum dapat menentukan anak mana yang akan tumbuh menjadi remaja dengan kelebihan berat badan, sulit untuk menargetkan intervensi bagi mereka yang paling berisiko," katanya.

"Konsekuensi dari hal ini mengerikan, dengan obesitas masa kanak-kanak yang memprediksi kematian dini dan terlibat dalam penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker."

Studi ini meneliti bagaimana kombinasi 25 penanda klinis pendek yang potensial seperti waktu menyusui dan jumlah aktivitas di luar ruangan pada berbagai usia memprediksi masalah berat badan, serta resolusi, pada usia 10-11 dan 14-15 tahun.

Menariknya, pertanyaan singkat tentang pola makan yang buruk, aktivitas fisik yang rendah dan faktor gaya hidup umum lainnya tidak memprediksi hasil berat badan.

Penulis utama Markus Juonala, dari University of Turku di Finlandia, mengatakan skor risiko sederhana, yang akan mudah tersedia untuk dokter kesehatan anak, dapat membantu pengobatan target atau pencegahan.

"Menggabungkan data pada ketiga faktor risiko yang mudah didapat ini dapat membantu dokter membuat keputusan tepat yang menargetkan perawatan bagi mereka yang paling berisiko obesitas remaja," katanya.

"Manfaat menghilangkan fokus pada mereka yang tidak membutuhkan intervensi klinis untuk obesitas sebagian besar telah diabaikan, meskipun ada peningkatan kebijakan yang menekankan pada menghindari pemborosan atau perawatan kesehatan yang tidak perlu."

Sumber

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image