You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Suka Ngopi? Hati-hati, Ini Tanda-tanda Overdosis Kafein

Admin Kulur 16 Desember 2019 Dibaca 500 Kali

Menyeruput kopi di pagi hari sangat efektif mengusir kantuk dan membangkitkan stamina untuk mulai beraktivitas. Tapi sebaiknya tidak berlebihan, karena kafein juga bisa memicu overdosis.

Respons masing-masing orang terhadap kafein cukup bervariasi. Bagi yang sensitif, sedikit saja terpapar kafein efek sampingnya langsung bisa dirasakan. Termasuk di antaranya, jantung berdebar-debar.

Namun sebenarnya, overdosis kafein yang membahayakan nyawa relatif jarang ditemukan. Kalaupun ada, umumnya bukan karena minum kopi melainkan berasal dari pemakaian suplemen secara berlebihan.

Dikutip dari Medicalnewstoday, kafein mulai memberikan efek pada tubuh ketika mencapai kadar 15 mg perliter dalam darah. Efek serius muncul pada kadar 80-1000 mg perliter.

Untuk kafein dari kopi, beberapa penelitian menyebut asupan 2-3 cangkir sehari masih bisa dikategorikan normal. Pada takaran tersebut, kafein masih bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

Beberapa efek samping yang muncul ketika asupan kafein mulai berlebihan antara lain sebagai berikut:

- Cemas, gelisah, dan mudah tersinggung
- Temperatur tubuh meningkat
- Dehidrasi, ditandai dengan cepat haus
- Sakit kepala
- Napas cepat
- Denyut nadi meningkat

Sedangkan overdosis kafein ditandai dengan gejala sebagai berikut:

- Denyut nadi sangat cepat
- Gemetar
- Muntah
- Bingung
- Serangan panik

Bila mengalami gejala tersebut, maka disarankan untuk segera mencari pertolongan medis.

Sumber

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image