You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa KULUR

Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Ritual Sederhana Untuk Menghindari Mata Lelah


Seperti kita tahu, di era digital sekarang ini seringkali mata lelah menjadi keluhan. Bagaimana tidak? Hampir tiap hari bisa dipastikan kita memelototi layar digital baik saat bekerja ataupun saat eksis di internet. Sebut saja layar komputer, secanggih apapun teknologinya jika terus-menerus dipelototi akan menyebabkan mata cepat lelah. Begitu pula layar smartphone, tablet, dan sejenisnya. Tanpa kita disadari, benda-benda tersebut dapat menjadi pemicu gangguan penglihatan pada 70 persen penggunanya.

Sakit kepala, pandangan kabur, nyeri pada bola mata, berair, mata berair dan hilang fokus, adalah beberapa keluhan yang menandakan mata anda sudah terlalu lelah.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Banyak ritual sederhana untuk menghindari mata lelah. Beberapa diantaranya akan saya sajikan di bawah. Silahkan cek ulasannya di bawah ini. Cekidot!

1. Istirahat Setiap 15 Menit

Cara yang paling umum dan praktis namun sangat efektif adalah dengan mengistirahatkan mata anda dari layar monitor setiap 15 menit. Berpalinglah dari monitor sejenak, kemudian fokuskan pandangan pada benda-benda yang jauh sehingga otot mata akan lebih rileks.

2. Gunakan Telapak Tangan

Cara ini berfungsi untuk meditasi bagi mata. Caranya mudah, tutup mata lalu tangkupkan telapak tangan dengan posisi bola mata ada di tengah-tengahnya. Pastikan tangan dan bahu tetap rileks. Cara ini bisa mengendurkan ketegangan pada otot-otot mata.

3. Berkedip

Seringkali saat kita terlalu serius dengan monitor membuat mata lupa untuk berkedip. Padahal hal ini sangatlah penting. Mata harus lebih sering berkedip saat bekerja pada media digital agar permukaannya tidak kering. Berkedip tidak hanya melembabkan, tetapi juga mendistribusikan vitamin dan oksigen yang berfungsi untuk mempertajam penglihatan.

4. Atur Pencahayaan Layar

 

Baik layar komputer maupun smartphone, gelap atau terangnya pencahayaan akan berpengaruh pada kondisi mata. Sebagian orang menganggap, agak redup lebih nyaman untuk mata sedangkan sebagian yang lain mengatakan, terang justru lebih baik karena kedipan layar lebih jarang. Saran yang terbaik adalah mengatur dengan pencahayaan medium sehingga tidak berlebihan atau malah terlalu redup. Sesuaikan dengan kondisi tempat atau mana yang membuat mata anda nyaman.

5. Hindari Cahaya Biru

Paparan cahaya biru yang dipancarkan peralatan digital sangat mengganggu kesehatan, apalagi jika dibiarkan terjadi sepanjang malam. Hal ini bisa mengakibatkan berkurangnya produksi hormon melatonin. Dampak jangka panjangnya bisa menigkatkan rasio penyakit diabetes, begitu juga dengan kanker, obesitas, ataupun penyakit kronis yang lain.


Demikian beberapa tips 'Ritual Sederhana Untuk Menghindari Mata Lelah'. Kelihatannya memang cara di tasa sangatlah mudah. Namun seringkali kita menyepelekannya. Oleh sebab itu, mari kita jaga kesehatan mata kita mulai dari sekarang. :)

SUMBER

Bagikan artikel ini: