You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

5 Menu Sarapan Sehat di Pagi Hari

Admin Kulur 16 Desember 2019 Dibaca 584 Kali

Sering melewatkan sarapan? Padahal sarapan yang bergizi dan seimbang dapat memberi energi lebih bagi tubuh, mencegah makan terlalu banyak setelahnya.

Ini dia 5 sarapan sehat yang baik bagi tubuh di pagi hari.

1. Telur

Telur termasuk salah satu opsi sarapan sehat di pagi hari. Konsumsi telur untuk sarapan dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya, dan membantu menjaga kadar gula darah dan insulin yang stabil.

Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati. Meskipun tinggi kolesterol, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang. Faktanya, memakan telur utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan memodifikasi bentuk kolesterol "jahat".

2. Kopi

Tak heran mengapa kopi menjadi minuman yang digemari banyak orang untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Kopi rupanya memiliki kafein tinggi, yang telah terbukti meningkatkan mood, kewaspadaan, dan kinerja mental. Bahkan, kafein di kopi ini terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Hal ini dijelaskan healthline.com dalam salah satu penelitian, menunjukkan bahwa 100 mg kafein per hari membantu orang membakar 79-150 kalori ekstra selama 24 jam.

Baca juga: 3 Alasan Tak Boleh Buru-buru Saat Sarapan

3. Oatmeal

Orang dengan penyakit jantung sering disarankan untuk mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan sehat di pagi hari. Mengapa begitu?

Oatmeal sebenarnya terbuat dari gandum tanah, yang mengandung serat unik yang disebut 'oat beta-glucan'. Oat beta-glucan adalah serat kental yang mempromosikan perasaan kenyang. Oat juga kaya antioksidan, yang melindungi asam lemaknya agar tidak tengik. Antioksidan ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

4. Kacang

Beberapa orang mungkin menghindari konsumsi kacang dengan berbagai alasan. Namun, sebenarnya kacang termasuk penambah makanan untuk sarapan sehat di pagi hari.

Kacang adalah tambahan yang baik untuk sarapan di pagi hari. Karena, kacang membantu mencegah penambahan berat badan meskipun tinggi kalori. Penelitian yang dijelaskan di Healthline.com ini menunjukkan kalau tubuh tidak menyerap semua lemak di dalam kacang.

Hal ini berlaku bagi semua jenis kacang-kacangan karena semua jenis kacang juga tinggi magnesium, kalium dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Meski saat ini hanya kacang almond yang telah diuji.

Selain itu, kacang-kacangan telah terbukti mengurangi faktor risiko penyakit jantung, mengurangi resistensi insulin dan mengurangi peradangan.

5. Teh Hijau

Teh hijau termasuk salah satu minuman paling sehat di dunia. Karena, teh hijau mengandung kafein yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati, bersama dengan meningkatkan laju metabolisme.

Teh hijau hanya menyediakan 35-70 mg kafein per cangkir, yang merupakan setengah jumlah kopi.

Sebuah ulasan dari 17 studi yang ditulis Healthline.com menjelaskan, bahwa peminum teh hijau mengalami penurunan kadar gula darah dan insulin. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai EGCG (Epigallocatechin gallate), yang dapat melindungi otak, sistem saraf, dan jantung dari kerusakan. Maka dari itu, teh hijau termasuk salah satu rekomendasi sebagai sarapan sehat untuk memulai aktivitasmu di pagi hari.

Sumber

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image