You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Makan Buah Potong atau Dibuat Jus, Mana yang Lebih Baik?

Admin Kulur 30 November 2019 Dibaca 510 Kali

JAKARTA - Buah-buahan adalah sumber vitamin dan serat yang tak boleh dilewatkan dalam menu makanan sehari-hari. Ada banyak cara menikmati buah, menyantapnya langsung setelah dipotong-potong atau diminum dalam bentuk jus. Namun, sebenarnya mana cara yang terbaik dalam menyantap buah?

"Sebenarnya itu hanya perbedaan cara mengonsumsi," kata dokter gizi Marya Haryono di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Marya menyarankan untuk langsung menikmati buah yang dijadikan jus untuk menghindari hilangnya vitamin yang teroksidasi. Selain itu, menurut Marya, agar tidak menyaring ampas buah dan hanya mengambil sarinya.

"Biar serat-serat dalam buahnya tetap komplet dan bisa dikonsumsi," ujarnya.

Dalam sehari, idealnya seseorang menyantap lima porsi kombinasi sayur dan buah. Satu porsi yang ia maksud adalah sebanyak satu gelas air. Setiap hari, akan lebih baik bila buah dan sayur yang dikonsumsi bervariasi.

"Tapi untuk kondisi sakit bisa jadi berbeda (porsinya) karena ada yang butuh seratnya dikurangi, ada yang tak boleh mengonsumsi buah tertentu, dan lain-lain."

Bagi orang yang sehat dan tak punya risiko diabetes, Marya mengatakan, tak ada pantangan dalam mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah yang mengandung gula tinggi.

"Kalau orang sehat enggak apa-apa asal buahnya bervariasi, sebab dalam buah juga ada berbagai kandungan seperti serat larut yang menyerap kolesterol, juga serat tak larut yang membentuk feses."

Marya menegaskan pentingnya buah dan sayur untuk menjadi bagian dari menu makanan sehari-hari sehingga tak bisa digantikan hanya dengan suplemen.

"Kalau ada yang berpikir mau mengganti sayur dan buah dengan suplemen, sebaiknya jangan."

Sumber

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image