You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Jadwal Krapyakan Kalurahan Kulur

MUHAMMAD NUR FAJR 14 Februari 2023 Dibaca 278 Kali
Jadwal Krapyakan Kalurahan Kulur

Ruwahan/Nyadran di Kalurahan Kulur dikenal dengan nama “Krapyakan”. Kegiatan yang berlangsung di bulan ruwah (bulan jawa –red.) ini dilaksanakan di seluruh makam di wilayah Kalurahan Kulur dan dilaksanakan sebulan penuh dengan jadwal yang telah ditentukan. Uniknya, tidak hanya di makam, tetapi juga dilaksanakan di Sendang Kaligayam yang mana berbarengan dengan agenda Nguras Sendang.

Tradisi Krapyakan di Kulur sendiri berisi kegiatan yakni doa bersama/tahlilan di kompleks area makam yang diikuti warga masyarakat baik dari Kulur atau luar Kulur yang merupakan ahli waris dari yang dimakamkan di pemakaman tersebut dengan tujuan mendoakan arwah para leluhur terdahulu sekaligus saling memberikan sedekah.

Yang unik dari Kegiatan Krapyakan adalah menu yang disuguhkan dibawa oleh warga masyarakat sendiri. Menu yang berupa ingkung, nasi kenduri, jajan pasar dan lain sebagainya kemudian digelar memanjang lalu dibagikan dengan sistem tukar menukar setelah agenda doa bersama usai sehingga semangat kebersamaan sangatlah terasa. 

Pada kesempatan kali ini, kami sajikan jadwal Krapyakan di Kalurahan Kulur untuk pelaksanaan tahun 2023. (red - MHNur)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image