You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Nyadran Agung Kabupaten Kulon Progo Tahun 2023

MERI NUR SANTI 15 Maret 2023 Dibaca 336 Kali
Nyadran Agung Kabupaten Kulon Progo Tahun 2023

Selasa Wage, 14 Maret 2023, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Nyadran Agung Tahun 2023 bertempat di kompleks Alun-Alun Wates. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh OPD Kabupaten Kulon Progo, BUMD, BUMN, 12 Kapanewon, 87 Kalurahan dan 1 Kelurahan. Peserta Nyadran Agung diwajibkan membawa tenong berisi tumpeng dan perlengkapannya, mengenakan Pakaian Kejawen Gaya Yogyakarta dan membawa bekal makan minum masing-masing.

Nyadran adalah serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa. Nyadran berasal dari bahasa Sansekerta, sraddha yang artinya keyakinan. Nyadran juga berarti tradisi pembersihan makam oleh masyarakat Jawa, umumnya di pedesaan. Upacara adat Nyadran  adalah upacara adat membersihkan makam dan mengirim doa pada leluhur sebelum datangnya  Bulan Suci Ramadhan yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, yang diyakini upacara tersebut merupakan tradisi dari para leluhur sebagai upacara pembersihan diri sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image