Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Artikel

Sejumlah Penyakit yang Mengancam di Peralihan Musim, Sejumlah Warga Kulonprogo Sudah Kena Dampak

26 November 2019 08:18:04  Admin Kulur  199 Kali Dibaca 

KULONPROGO - Masyarakat perlu mewaspadai dampak peralihan musim kemarau ke musim hujan terhadap kesehatan tubuh. Pasalnya, masa-masa seperti ini rawan menimbulkan berbagai penyakit yang berpotensi menjangkiti manusia.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami menjelaskan cuaca di masa peralihan utamanya di wilayah DIY dan sekitarnya terbilang cukup ekstrem. Saat siang hari suhu berada di kisaran 38 hingga 39 derajat celsius ditambah sebagian wilayah DIY sudah mulai memasuki musim penghujan. Kondisi ini membuat sebaran penyakit yang ditimbulkan oleh virus lebih beragam.

“Cuaca yang sangat ekstrem akan memengaruhi daya tahan tubuh jadi lebih lemah. Di sisi lain, pola penyakit peralihan masa sudah diprediksi,” ujarnya, Senin (25/11/2019).

Sri mengatakan penyakit yang muncul di musim peralihan antara lain infeksi saluran pernafasan (ISPA), batuk, pilek dan diare. Adapula varisela atau cacar air yang belakangan mulai menjangkiti banyak orang.

Untuk itu, masyarakat perlu melakukan pencegahan. Salah satunya dengan membudidayakan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), yang meliputi olahraga dan istirahat berimbang. Juga menambah porsi konsumsi air putih, dengan menyesuaikan situasi dan kondisi aktivitas seseorang.

Paparan penyakit di masa peralihan sudah menjangkiti masyarakat. Salah satunya dialami Singgih, 34. Pada pekan lalu, warga Desa Giripeni, Kecamatan Wates ini terpaksa izin dari pekerjaannya karena sakit.

"Awalnya tubuh terasa dingin banget, terus lemas, tenggorokan juga sakit, ditambah baru dan pilek, karena gak tahan saya periksa ke klinik, kata dokter saya kena virus yang kerap muncul saat peralihan musim," ujarnya.

Rekan Singgih, Basuki Utomo, 51, juga mengalami hal serupa. Dia terpaksa rehat selama tiga hari karena menderita sakit. Basuki mengatakan sakit yang dideritanya muncul setelah menemani sang anak yang sedang demam. Tak berselang lama, tubuh Basuki lemas dan merasa dingin.

"Tapi kalau saya tidak ke dokter, cuma beli obat aja, Alhamdulillah sekarang sudah mendingan," ucap pria asal Klaten, Jawa Tengah tersebut.

Sumber

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Media Sosial

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Sinergi Program

SiJariKu
Qurban Online
Kampung KB Kulur

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : KEBONDALEM KULUR, TEMON, KULON PROGO
Kalurahan : KULUR
Kapanewon : Temon
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55654
Telepon :
Email : balaidesakulur@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:410
    Kemarin:304
    Total Pengunjung:98.253
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.27.159
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 71.330 Kali
Sejarah Desa
05 Maret 2019 | 71.251 Kali
Profil Wilayah Desa
05 Maret 2019 | 71.232 Kali
Profil
05 Maret 2019 | 71.228 Kali
Data Desa
05 Maret 2019 | 71.223 Kali
Pemerintah Kalurahan
22 Januari 2019 | 71.218 Kali
Visi Misi
29 Maret 2019 | 71.214 Kali
Permohonan Informasi