You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Padi Penangkal Stunting Berhasil Dikembangkan di Kulonprogo

Admin Kulur 06 Januari 2020 Dibaca 713 Kali

KULONPROGO - Padi varietas Inpari IR Nutri Zinc yang diklaim memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga bisa menangkal stunting, berhasil dikembangkan di Kulonprogo. Hasil panenan padi yang ditanam di lahan pertanian seluas 4.000 meter persegi milik Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kalibawang itu tembus hingga 2,8 ton.

Koordinator BPP Kalibawang Ermono menerangkan, penanaman padi varietas Inpari IR Nutri Zinc dilakukan di sawah Dusun Ngrajun, Desa Banjarharjo dan Bulak Kulon Paras. Benih yang ditebar sekitar 10 kg. Benih tersebut diperoleh dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi) Sukamandi di Jawa Barat.

Proses penebaran benih dan masa tanam dilaksanakan pada September 2019 dengan sistem tanam menggunakan jajar legowo 2,1 dan teknologi pemupukan berimbang. Menjelang akhir Desember, padi mulai menguning dan bisa dipanen tepat sehari sebelum pergantian tahun.

"Dari lahan seluas 4.000 meter persegi, mampu menghasilkan padi sebanyak 2,8 ton dan memiliki bobot yang lebih baik, ini merupakan kali pertama kita kembangkan varietas ini dan bisa berhasil," ujarnya, Kamis (2/1/2020).

Ermono mengaku sangat senang dengan hasil panenan itu karena bisa membantu masyarakat Kulonrogo yang membutuhkan untuk mencegah stunting.

Dia mengatakan varietas Inpari IR Nutri Zinc memiliki kandungan Zn rata-rata sebesar 34,51 ppm. Berdasarkan riset BPTP Yogyakarta, kandungan itu lebih banyak dibandingkan varietas padi lain. Dengan demikian, padi jenis ini lebih ampuh untuk menangkal kekerdilan pada balita itu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo Tri Hidayatun mengatakan dengan hasil yang cukul memuaskan ini, varietas Inpari IR Nutri Zinc rencanannya akan dikembangkan keseluruh wilayah Kulonprogo. Setiap koordinator penyuluh bisa mengembangkannya di masing-masing kecamatan.

"Harapan kami bisa berkembang keseluruh wilayah di Kulonprogo, dan membantu pencegahan program stunting," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami menyambut baik keberhasilan pengembangan varietas padi ini. Nantinya hasil panenan akan diberikan kepada kelompok masyarakat yang rentan seperti ibu hamil atau remaja putri, untuk pencegahan stunting.

Sumber

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image