You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Pentas Wayang Kulit Pepadi

MERI NUR SANTI 16 Agustus 2024 Dibaca 374 Kali
Pentas Wayang Kulit Pepadi

Kamis, 15 Agustus 2024 Pemerintah Derah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pentas Wayang Kulit di Wilayah Kulur, tepatnya di Joglo Bpk Suparman Padukuhan Polodadi. Pentas Wayang Kulit ini oleh dalang Ki Guntoro dengan Lakon Sudamala. Kegiatan Pentas Wayang Kulit ini bersumber dari Dana Keistimewaan. Penyelenggaraan pentas wayang kulit ini dalam rangka memperkenalkan Pepadi, organisasi pedalangan yang profesional dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni pedalangan sebagai khasanah unggulan kebudayaan nasional serta wacana dan wahana budaya guna mempertinggi harkat dan martabat manusia. PEPADI adalah organisasi profesi yang independen, beranggotakan para dalang, pengrawit, swarawati, pembuat wayang dan perorangan yang memenuhi persyaratan tertentu. Disebut organisasi profesi karena PEPADI mewadahi  kegiatan seni pedalangan yang merupakan keahlian berkesenian khusus, sebagai sarana pengabdian dan peningkatan kualitas hidup para seniman pewayangan dan pedalangan.

Dengan terselenggaranya pentas wayang kulit ini, diharapkan masyarakat dan generasi selanjutnya dapat menyaksikan upaya pelestarian kesenian budaya lokal, dan tidak punah dimasa yang akan datang.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image