You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

4 Bahan Alami Untuk Menurunkan Demam

Admin Kulur 24 Oktober 2019 Dibaca 544 Kali

Tahukah Anda bahwa ada cara menurunkan panas dengan bahan alami? Mungkin hampir sebagian orang langsung meminum obat jika mereka memiliki obat penurun panas. Sementara sebagian lainnya hanya beristirahat tanpa meminum obat. Memang kedua cara di atas adalah cara menurunkan panas yang paling popular.

Tapi pernahkah Anda memikirkan untuk menggunakan bahan alami? Bahan alami di sini bukan sebuah kompres, namun benar-benar bahan alami dan tidak sama sekali menggunakan berbahan dasar kimia.

Nah, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan demam. Cekidot!

1. Bawang merah (Allium cepa L.)
Terkenal sebagai bumbu dapur, nyatanya bawang merah mengandung atsiri, sikloaliin, metilaliin, dan floroglusin. Ketiga kandungan tersebut bisa membantu menurunkan panas.

 

 

Cara menurunkan panas dengan bawang merah : kupas lima buah bawang merah. Parut kasar dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelahnya, balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh.

2. Daun kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis)
Kembang sepatu mengandung flavonoida, saponin dan polifenol. Ketiga kandungan tersebut dapat membantu menurunkan panas.

 

 

Cara menurunkan panas dengan daun kembang sepatu: cuci daunnya hingga bersih. Setelahnya keringkan dan lap hingga bersih juga. Lalu panasnya sebentar di atas api agar daunnya lemas. Setelah lemas, remas-remas daunnya dan olesi dengan minyak kepala. Lalu kompreskan pada perut dan kepala.

3. Meniran (Phyllanthus niruri L.)
Meniran memiliki kandungan lignan, flavonoid, tanin, dan vitamin C. Ia bisa digunakan untuk menurunkan panas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

 

Cara menurunkan panas dengan meniran: rebus satu genggam meniran segar dengan 2 gelas air hingga mendidih. Lalu bagi menjadi 3 bagian. Silahkan meminumnya 3 kali sehari.

4. Air kelapa muda
Siapa sangka air kelapa muda juga bisa menjadi cara menurunkan panas dengan bahan alami? Apalagi dibanding obat-obat tradisional lainnya, nama air kelapa muda lebih ‘dimengerti’ dan kita tidak takut menggunakannya. Diketahui air kelapa muda banyak mengandung mineral, seperti kalium.

 

 

Ingat, ketika badan kita panas, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Nah, untuk menggantikan keringat yang keluar, perbanyaklah minum air kelapa.

Tidak susah bukan caranya? Semoga cara menurunkan panas dengan bahan alami yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Anda.

SUMBER

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image