You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Kegiatan Pelatihan Keterampilan Berbahan Dasar Sabut Kelapa

MUHAMMAD NUR FAJR 21 Maret 2022 Dibaca 526 Kali
Kegiatan Pelatihan Keterampilan Berbahan Dasar Sabut Kelapa

Pelatihan keterampilan berbahan dasar sabut kelapa dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 19 Maret dan hari Minggu tanggal 20 Maret 2022 pada waktu yang sama yakni pukul 08.00 hingga selesai. Pelatihan ketrampilan berbahan dasar saut kelapa ini merupakan inisiasi dari TP – PKK kalurahan Kulur bersama P2WKSS yang mana dilaksanakan di balai Kalurahan Kulur dan dihadiri oleh 25 peserta dari 30 peserta yang diundang yang berasl dari Kalurahan Kulur sendiri. Pelatihan yang disampaikan oleh Bapak Tri Suwarno beserta kawan-kawan dari PT Sabut Berdikari-Materi yang disampaikan oleh narasumber adalah bagaimana memanfaatkan sabut kelapa menjadi berbagai produk yang bernilai harga dan nilai guna, antara lain :

  • Alat Rumah Tangga → Sapu, Keset, Sikat
  • Furnitur → Kasur saut kelapa, bantal, matras
  • Perbaikan Lingkungan → Cocomesh
  • Aplikasi Tanaman → Tunjang tanaman, cocopat, cocopit, campuran pupuk organik
  • Industri → Industri jok mobil dan pesawat,

    Industri peredam suara

Dalam pelatihan ini nara sumber memberikan praktek langsung dengan bahan – bahan yang telah di siapkan oleh nara sumber yaitu. Membuat alat rumah tangga berupa sapu dengan bahan dasar sabut kelapa, yang pertama diaplikasikan menggunakan tali yang dirangkai kedalam bahan plastik. Yang kedua diayam dengan tali anyaman.

Pelatihan yang kedua pembuatan tali tambang yang akan digunakan untuk membuat “cocomesh” kerajinan berbahan dasar serabut kelapa yang berbentuk menyerupai jaring – jaring dan padat digunakan untuk beberapa manfaat diantaranya sebagai aplikasi perbaikan lingkungan karena jaring sabut kelapa ini diklaim tidak menimbulkan residu – residu yang berbahaya untuk lingkungan.

Pelatihan keterampilan ini diikuti dengan penuh antusias oleh peserta dan diharapkan dapat menjadi keterampilan baru yang bisa membantu mensejahterakan warga kalurahan kulur dengan dapat menggunakan keterampilan ini sebagai salah satu cara untuk menambah penghasilan warga kalurahan kulur.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image