You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Rencana Tol Kulon Progo, Tinggal Tunggu Penerbitan IPL

Admin Kulur 16 September 2019 Dibaca 827 Kali

Yogyakarta – Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) Daerah Istimewa Yogyakarta, Hananto Hadi Purnomo menungkapkan pembangunan jalan tol DIY tinggal menunggu penerbitan IPL.

Setelah itu jalan tol Bawen-Yogya-Solo-Kulonprogo akan segera dilelang. Jalan tol Bawen-Yogya sendiri memiliki panjang kurang lebih 77 km sedangkan jalan tol Solo-Yogya-Kulonprogo akan membentang sepanjang 91,93 km. Nilai investasi untuk tol Bawen-Yogya direncanakan Rp.13,56 triliun, sementara untuk Solo-Yogya-Kulonprogo sebesar Rp.20,46 triliun.

Hananto mengungkapkan bahwa tol di DIY akan dimulai dari Manisrenggo (Klaten), menuju selokan Mataram ke Exit Tol-Entry Tol di Maguwoharjo (Lottemart). Melewati Ring Road Utara di sisi Selatan.

“Kemudian, menyambung secara elevated ke Gerbang Tol UPN dan menyambung ke Gerbang Tol di Monjali. Kemudian ke Gerbang Tol Trihanggo (Westlake),” katanya.

Sementara jalur tol Elevated di atas Selokan Mataram ke titik junction tol Seyegan menuju junction tol di Bligo. Junction Tol seyegan inilah yang menyambung ke tol Kulonprogo.

Jalur tol Kulonprogo, dikatakan Hananto memiliki gerbang tol di Sentolo, Kota Wates Baru, dan sisi barat exit toll menuju Bandara YIA. Jalur ini menyambung menuju jalur tol Cilacap.

Terkait pembangunan tol di Kulonprogo, ia mengatakan secara teknis tidak ada persoalan. IPL jalan tol Kulonprogo akan dibangun di sebelah utara Kota Wates.

“Tidak ada tol yang menuju ke bandara, hanya kami fasilitasi dengan exit tol. Pembangunan tol di Kulonprogo juga tidak membelah kota wates dan aerotropolis,” katanya.

Hananto mengatakan tol Kulonprogo akan memiliki gerbang tol di Sentolo, Kota Wates Baru, dan sisi barat exit toll menuju Bandara YIA.

Hananto mengutarakan pembangunan jalan tol di DIY sesuai dengan arahan Gubernur, dimana masyarakat tidak boleh hanya menjadi penonton ataupun malah sengsara karena keberadaannya. Oleh karenanya penetapan lokasi exit tol sudah dipertimbangkan dengan matang untuk meningkatkan kawasan tersebut.

“Contohnya exit tol Kulonprogo akan dibangun menuju KEK Industri di wilayah Sentolo. Apalagi Pemkab Kulonprogo juga berencana untuk memindahkan ibukotanya menjadi Wates Baru yang difasilitasi dengan keberadaan exit toll. Tentunya ini mampu menunjang perekonomian kawasan itu,” tutur Hananto.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image