You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KULUR
Kalurahan KULUR

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo ---------------- Sugeng Rawuh Wonten Ing Website Resmi Pemerintah Kalurahan Kulur Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

Rangkaian Acara Kegiatan Bersih Desa Kalurahan Kulur

MERI NUR SANTI 28 Agustus 2023 Dibaca 631 Kali
Rangkaian Acara Kegiatan Bersih Desa Kalurahan Kulur

Kegiatan Bersih Desa Kalurahan Kulur merupakan acara rutin tahunan yang diselengarakan setiap satu tahun sekali, yaitu pada hari jadi Kalurahan Kulur tanggal 26 Agustus. Masyarakat menyakini bahwa acara bersih desa ini merupakan tradisi turun temurun yang memiliki makna spiritual. Selain itu kegiatan bersih desa bertujuan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapat, memohon perlindungan kepada danyang sebagai penjaga sebuah desa. Serta tujuan bersih desa adalah untuk memohon berkat agar hasil panen berikutnya melimpah. Selain itu, bersih desa juga memuat tujuan solidaritas di dalamnya.

Rangkaian kegiatan bersih desa Kalurahan Kulur dimulai pada hari Jum'at tanggal 25 Agustus 2023 dengan menampilkan pentas kesenian lokal Angguk "Puspo Rini" pada pukul 20.00 WIB hingga selesai. Pada hari sabtu pagi tanggal 26 Agustus 2023 pukul 09.00 WIB dilaksanakan rialatan dan doa bersama di Gunung Songgo padukuhan Polodadi. Kegiatan ini berwujud tahlil dan memanjatkan doa untuk para arwah leluhur Kalurahan Kulur. Rialatan diakhiri dengan tabur bungan di makam para leluhur Kalurahan Kulur yang berada di pemakaman umum wilayah Kalurahan Kulur.

Rangkaian selanjutnya adalah pentas kesenian Jathilan "Kudho  Manggolo" dari pukul 10.00 WIB hingga menjelang sore. Acara puncak yaitu pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Diawali oleh dalang cilik lokal Reynard Faizivon Sukrisno putra dari Bpk Sukrisno warga padukuhan Bojong menampilkan lakon "Lahirnya Gathotkaca". Dilanjutkan dengan Dalang Ki Gunawan Hadi Widodo dengan lakon "Wiroto Parwo" hingga subuh menjelang pagi. Rangkaian kegiatan Bersih Desa ini ditutup dengan kegiatan Muqqoddaman pada hari Minggu malam di teras Pendopo Kalurahan Kulur.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image